Tuesday, November 14, 2006

Sepenggal Kisah Kantor

Maghrib mendekat. Saat itu kerjaanku merekap data progress harian rekan-rekan belum juga kelar. Damn! Perasaan cuma dikit tapi kok begitu dikerjain jadi melar gini ya. Aduh mau selesai jam berapa nich. Mana cacing pada memberontak minta hak untuk merdeka. Dan sebagian rekan sudah pulang untuk merayakan kebebasan mereka hari ini. = )
Sesaat kemudian melintaslah sosok yang berwibawa dan disegani di kantor Icon Gandul. Pak Ajat Munajat. Demikian nama Manager Service Operation and Maintenance di kantor ini. Tak seberapa lama ingatanku kembali ke beberapa tempo lalu saat Pak Widy (Supervisor Network Planning) memanggil namaku. Pemanggilan itu berkaitan erat dengan penugasan Pak Widy sebagai pembimbing paper akhir kelompokku. Sebagai informasi aja kelompokku digawangi oleh dua person saja. Aku dan Pak Fany. Atau lebih dikenal sabagai suhuku. Suhu di semua bidang (hidup Pak Fany). Kembali ke pemanggilan tadi. Pak Widy hendak menanyakan tentang hal atau subjek apa yang menjadi tema dari paper. Aku pun menjawab tidak tahu karena memang aku tidak tahu daripada menjawab dengan PD dan sok tahu. Kemudian kkami pun bercakap selama beberapa saat. Inti dari percakapan tersebut adalah untuk meminta saya mengkonfirmasi lebih lanjut ke Pak Ajat mengenai batasan dari paper yang akan dibahas. Karena sedemikian luasnya topik yang ada. Aku pun menyanggupinya dan bersedia menanyakan ke Pak Ajat sesegera mungkin. Pembicaraan berakhir dan aku melanjutkan pekerjaanku.

Aku pun membulatkan tekad mendekati Pak Ajat setelah sebelumnya mengkonfirmasi tindakanku kepada Mbak Irma. Selanjutnya aku mendekati Pak Ajat dengan ragu-ragu tapi mau bagaimana lagi niatku sudah bulat. Kemudian aku menyapa beliau yang masih sibuk berkutat dengan laptop 12 inchi beliau. Terjadilah percakapan antara dua individu berbeda generasi tersebut. Sebenarnya aku ingin menjelaskan detail percakapan tetapi karena saya yakin kalian gak punya banyak waktu untuk membaca berita dariku yang berformat semi cerpen ini maka saya akan memotongnya dan langsung membahas hal yang dikemukakan Pak Ajat mengenai tema paper.

Pak Ajat bertutur bahwa berdasar instruksi Pak Emil, inti dan tujuan dari pembuatan paper ini adalah untuk mereview dan menganalisa hal-hal yang terjadi di dalam sebuah bagian yang dibawahi oleh Bapak Supervisor dalam kerangka waktu satu tahun ini (dimulai dari Januari 2006 dan diakhiri Oktober 2006) dan membuat paper hasil analisa yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja terkait dengan bidang Bapak Supervisor dalam kerangka satu tahun ke depan (tahun 2007). Untuk mengatasi kendala dan membuat perbaikan dalam cakupan area di bawah Bapak Supervisor. Jadi jika pembimbing saya adalah Supervisor Network Planning maka paper saya tidak bisa lepas dari bidang tersebut dan tidak mungkin saya akan membahas mengenai aktifasi clear channel.

Sekali lagi saya kembali mengulas sekaligus menyampaikan kesimpulan dari "cerpen ini". Perlu ditekankan bahwa dua hal yang menjadi batasan dalam pembuatan paper adalah bidang di bawah kendali Bapak Supervisor dan kerangka waktu atau kinerja selama tahun 2006 untuk dijadikan modal peningkatan (improvement) di tahun 2007.

Sekian atas perhatian Rekan-rekan semoga pemberitahuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada pertanyaan yang bisa saya jawab saya akan dengan senang hati membantu. Terima kasih dan salam.

No comments: