Friday, February 09, 2007

Kegemukan tidak sama dengan obesitas.

Saya ingin mengklarifikasi suatu hal yang umum beredar di kalangan masyarakat. Selama ini masyarakat mengenal dan memahami bahwa kegemukan itu sama dengan obesitas. Padahal sebenarnya kegemukan bukanlah obesitas.

Obesitas terjadi saat seseorang memiliki kelebihan lemak di badan. Obesitas tidak sama dengan kelebihan berat badan. Seseorang dikatakan obese saat berat badan mereka melebihi 20 % dari berat maksimal yang diinginkan untuk tinggi badan mereka (definisi dari sportsmedicine.about.com/library/glossary/blglossaryO.htm).

Sedangkan kegemukan adalah situasi dimana mobil atau motor Anda rusak. Anda berusaha dengan keras menemukan penyebab dari kerusakan motor Anda dengan cara membongkar motor Anda. Kalo Anda cukup beruntung Anda akan menemukan root cause dari penyebab rusaknya motor Anda. Anda akan merasa lebih beruntung lagi jika Anda bisa memperbaiki kerusakan pada root cause tersebut. Tetapi nasib baik bisa dikatakan berpihak pada Anda jika Anda mampu memperbaiki dan mengembalikan motor sesuai kondisi semula. Nah ditengah peliknya kondisi tersebut Anda tidak menyadari adanya noda-noda warna hitam di sekujur tangan dan badan Anda. Noda itu disebabkan oleh oli atau yang biasa disebut "gemuk". Nah kondisi Anda yang sedang belepotan dengan oli atau "gemuk" ini adalah yang bisa disebut sebagai "kegemukan". Kan aneh kalo mau disebut ke-oli-an.

No comments: