Tuesday, November 07, 2006

Dilema.

Apa itu dilema?
Dulu pas kita masih jaman SMA (atau yang sekolahannya agak mahalan dikit maka dia akan mengalaminya pada masa SMP) trus ada tugas Bahasa Indonesia, biasanya di LKS yang jarang dikerjakan karena sering ketuker dengan LKS Matematika karena penerbit dan warnanya sama, akan ditemukan pertanyaan apa itu "dilema"? berikan contohnya! Kita sebagai anak gaul tentu tidak akan pernah sadar kalo ternyata dimuka bumi ini ada kata yg namanya "dilema" karena ada atau tidaknya kata itu mall tetep buka dan Play Station tetep jalan jadi ngapain kita repot-repot mikirin "dilema"? Orang "dilema" aja gak repot mikirin kita.

Tapi beda ama bu guru yg tetap memaksa kita mengisi LKS dengan cara apapun dan dari sumber manapun. Dengan ancaman mengerjakan di luar kelas sambil ditontonin gebetan kita yang lagi asyik ikutan pelajaran olahraga. Mau gak mau kita harus mengisinya dengan aji mumpung. Mumpung sang juara kelas lagi gak bete. So kita ambil pena dan menulis apa yang dia tulis. Sama persis. Termasuk bekas tipe ex atau coretannya.

Walhasil, sampai sekarang kita tidak pernah mengalami atau mengerti kata dilema. Paling mentok distatus "pernah denger" aja hanya karena para gebetan kita pada kencan pertama gak pernah menggunakan syarat "tahu arti dilema" untuk dapat nomor teleponnya.

Nah sabtu ini temenku pada wisudaan, setelah 5 tahun berjuang dalam ketidakpastian (tidak pasti mau lulus dari kampus lewat jalan DO atau lewat toga), lokasinya di bandung. bandung itu ,buat yang gak tau lokasinya, berada lebih dari 100 km dari jakarta yang notebene sekarang aku berada. Dan pada saat yang bersamaan temanku yang dulu satu lab mau nikahan di Solo yang letaknya lebih dari 100 km dari semarang. Nah pertanyaannya sekarang dimana letak Timbuktu ???

Sebenarnya sangat mudah jika ingin menghadiri keduanya maka aku bisa berangkat jumat malam dari jakarta ke bandung kemudian hadir di wisudaan malemnya naek kereta ke Solo nyampe besok paginya. Kemudian hadir di acara nikahannya dan balik malemnya dan Senen walaa langsung berangkat kerja. Hebat gak. Ide yang brilian benar2 idealis tanpa mempertimbangkan faktor usia yang hampir menginjak seperempat abad. Kalo itu lima tahun yg lalu pasti aku masih kuat tapi sekarang sudah beda. Mana anak udah pada gedhe2 yang paling kecil besok udah udah mau nikah???

Tapi kalo dipikir-pikir gak adil juga kalo ak gak bisa dateng di salah satu acara tersebut. Terkesan akunya pilih kasih padahal gak ada yang namanya kasih. Mending aku gak dateng aja dua-duanya. Hipotesa ini diperkuat dengan keberadaan dan ketebalan dompet yang kembang kempis tidak karuan. Maklum masih jadi kuli. He..3X

Jadi kesimpulannya buat adek-adek yang masih duduk di bangku SMA or SMP dan lagi dapet tugas ngerjain LKS Bahasa Indonesia dan kebetulan lagi ada soal disuruh menjelaskan kata "dilema" maka akan kakak bantu. Dilema adalah kondisi dimana kamu kerja di Jakarta dan temen kamu wisuda di Bandung padahal kamu ada undangan di Solo, dompet kamu tipis dan Jakarta-Bandung-Solo bukanlah tempat yang berdekatan. Semoga membantu dan tidak perlu berterimakasih. Cukup dengan menceritakan kerabat dekat Anda tentang blog saya sehingga lain kali mereka dapat membacanya (Iklan banget). Amien.


NB: Buat Vivin selamat atas pernikahannya semoga langgeng dan bisa menjadi ibu yang galak.
Buat Rizki, Gumay dan Prima selamat atas wisuda kalian semoga cepet dapat kerja yg layak. Amien.

No comments: