Sunday, November 12, 2006

Surat dari Adekku

Hari ini hari jumat. Hari kerja terakhir minggu ini(Thank God banget). Sayangnya laporan kerja (rodi) yang harus dikumpulkan hari ini belum selesai juga. Hanya karena satu masalah yakni aku kesulitan mencari ide mau memulai nulis laporan tersebut dari mana habis gak ada contoh.

Saat magrib menjelang (ciee.. puitis bok) kamsudnya.. pas break habis shalat aku diminta untuk mengirim file progress report validasi hari ini dan kemaren. Dan pas itu ak heran banget kok ada email dari Dik Diah ya(Diah adekku yang paling kecil). Biasanya adek-adekku kan jarang banget kirim email ke aku kecuali kalo ada request. Kok tumben-tumbennya ngirim email ada apaan ya? Aku baca kalimat demi kalimat dengan khidmatnya takut ada point yang kelewat.

Awalnya aku ngira adekku ngirim hasil tugas yang aku minta kemaren (aku minta tolong adekku dicariin puisiku zaman baheula yang akan aku aransemen ulang untuk dikirim ke cewekku sebagai kado ultah). Emang bener sich dugaanku. Email itu dibuka dengan kalimat berita tentang laporan permintaan barang yang aku cari. Not a good news actually cause the item i meant are missed. Sedih juga puisi berharga tersebut harus ilang. Puisi tentang kekaguman cinta. Yah mau gimana lagi udah terlanjur. Kalo orang Jerman bilang "wis kadung".

Kalimat berikut yang menyusul kalimat berita tersebut cukup mengejutkanku. Adekku menulis bahwa dia membaca diary yang aku tulis (Persis seperti yang aku perintahkan. Karena untuk memisahkan suatu puisi dengan tulisan lain tak ada cara laen kecuali membacanya. Kecuali paranormal.) Dia membaca curhatanku tentang adek-adekku (tentang dia juga). Ya wajarlah dalam kehidupan beradik dan berkakak terjadi masa-masa kurang akur. Aku sendiri sudah lupa aku jengkel tentang apa. Dan tentu saja aku sudah memaafkannya karena aku emang sayang banget ama adek-adekku. Hal yang mengejutkanku adalah dia meminta maaf karena dia udah lancang membaca (Hal yang bener-bener gak salah karena kan aku yang minta so pasti aku sudah mengetahui resikonya)

Selanjutnya dia juga menulis kalo dia meminta maaf banget padaku atas perlakuannya di masa yang lalu. Yang dikatakannya sudah menjadi adik yang kurang baek. Sebuah permintaan maaf yang bener-bener tulus. Di email itu juga tertulis juga kalo dia sempat meneteskan air mata. Dia katakan kalo sebagai adek dia sangat mengagumiku dan dia merasa sangat menyesal tak bisa menjadi adek yang baek buatku. Dia ingin kedepannya dapat menebus kesalahan ini.

Diah adekku tersayang, sebenarnya aku juga udah lupa aku nulis apa. Apalagi tentang kesalahan kalian. Aku juga pasti udah memaafkan kalian. Wajarlah kalo selama ini kita pernah bertengkar atau gak cocok. Namanya juga orang hidup semuanya gak bisa dipaksakan sama. Aku berterimakasih banget punya adek yang baek kayak kalian dan aku selalu akan berusaha menjadi kakak yang baek buat kalian. Aku gak ingin melihat kalian sedih atau pun menderita.You both mean a lot to me.

Diah aku juga minta izin menulis cerita ini di blog untuk aku lombakan karena emang temanya kebetulan cocok banget. Ya entar kalo kita beruntung dan menang juara satu kamu tak ajak liburan ke bali. Atau kalo gak ya tak oleh-olehin. Kalo menangnya juara dua atau tiga entar hpnya buat kalian supaya kita bisa ngobrol banyak. Mengingat aku sudah merantau lebih dari lima tahun. Dan waktu yang kita habiskan bersama sangat bisa dihitung dengan jari. Aku ingin "membeli" kembali masa-masa itu. Doain masmu ini ya semoga menang.

1 comment:

Sitta Hadiwibowo said...

hi,wisnhu...saya mampir dari blogfam. hik..hik..terharu neh..., smg kelak anak2ku kompak kaya wisnu en adik2nya, amin.., ok d.., nice blog! tulisannya juga bagus2! ini mah ga usah minta petunjuk lage..., he...3x.'lam kenal!